Rotaract D3410

Rotaract adalah wadah berkumpulnya anak muda seluruh dunia, umur 18-30 tahun, berasal dari kampus maupun komunitas, yang memiliki minat untuk mengadakan kegiatan sosial, mengembangkan kemampuan kepemimpinandan profesionalisme. Rotaract memiliki anggota lebih dari 219,397 orang, dengan jumlah club lebih dari 9.539 club, yang tersebar di lebih dari 170 negara.

Rotaract club disponsori oleh satu atau lebih Rotary Club, namun Rotaract mengatur dan mendanai club-nya secara mandiri dan independen. Rotary Club sponsor berperan dalam memberikan bimbingan dan dukungan, maka dari itu Rotaract Club adalah “partners in service” (partner dalam melakukan pelayanan), serta memegang peranan penting dalam keluarga besar Rotary.

Rotaract Club dapat berbasis komunitas (community-based rotaract) atau berbasis universitas (university-based rotaract). Pada Rotaract berbasis universitas, Rotary Club sponsor bekerjasama penuh dengan universitas dalam memberikan kontrol dan pengarahan. Rotaract berbasis universitas harus mengikuti peraturan yang diterapkan di universitas, dan memiliki status sama dengan organisasi kemahasiswaan ataupun kegiatan ekstrakurikuler lain di universitas tersebut.

Rotaract didirikan lebih dari 40 tahun yang lalu. Club pertama yang terbentuk (chartered) adalah Rotaract Club North Charlotte Carolina, yaitu pada 13 Maret 1968. Pada tahun 1950-an, banyak organisasi kepemudaan yang disponsori oleh Rotary Club berdiri dengan berbagai nama, seperti “Paul Harris Circle” dan “Rotos”. Pada tahun 1965 organisasi kepemudaan tersebut meningkat pesat akibat dibentuknya program Interact oleh Rotary International pada tahun 1962. Banyak Interactor yang sudah melewati batas umur keanggotaan membentuk club dengan nama “Senior Interact”. Nama Rotaract berasal dari kata “Rotary” dan “Action”. Mengikuti jejak Rotaract Club North Charlotte, banyak organisasi kepemudaan Rotary mengubah namanya dan menjadi Rotaract Club resmi.Pada tahun 1990-an, Rotaractors menggabungkan organisasi mereka dalam skala internasional dan membentuk Multi-District Organizations (MDiO) di Eropa, Afrika, Amerika Selatan, dan Eropa. Saat ini Rotaract memiliki anggota lebih dari 219.397 orang, dengan jumlah club lebih dari 9.539 club, yang tersebar di lebih dari 170 negara.

Rotaract di Indonesia pertama kali berdiri tahun 1978 di Palembang dalam naungan RID 3400. Pada tahun 2012, Rotary District dibagi menjadi 2, D3410 untuk Indonesia bagian Barat & D3420 untuk Indonesia bagian Timur.