Rotaract berbagi Dapur

Pada tanggal 17 Agustus 2016, dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, Rotaract Club Bandung Sentral Kota Kembang dan Rotaract Club Bandung bekerja sama dengan Rotary Club Bandung Area, melaksanakan kegiatan Berbagi Dapur di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung.

Kegiatan inti berupa memberikan jamuan makan siang bagi pahlawan kebersihan yaitu petugas pengangkut sampah dan penyapu jalan, serta rekan-rekan disabilitas yang terdiri dari disabilitas netra, daksa, rungu dan penyandang cerebral palsy. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang sehari-hari banyak memberikan layanan dan bantuan untuk masyarakat namun sering kali tidak “disadari” keberadaannya.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan upacara bendera dengan berbagai komunitas yang terlibat pula di dalam kegiatan ini antara lain komunitas Woke (workshop kreatif), Barak Teater, dan dengan Indonesia Menggugat. Uniknya, petugas upacara adalah para penyandang disabilitas yang dengan percaya diri melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh semangat. Acara dilanjutkan dengan lomba-lomba seperti balap makan kerupuk, kelereng, menangkap belut, serta permainan tradisional lainnya. Sementara itu dapur sudah mulai sibuk sejak pagi hari, mempersiapkan jamuan makan siang. Selain rotaract, relawan di dapur adalah siswa SMK 9 Bandung jurusan Tata Boga. Acara ini berlangsung sangat meriah dan dihadiri pula oleh Rotarian se area Bandung. Jamuan makan siang berjalan lancar, makanan disajikan untuk sekitar 250 orang dan berakhir sekitar pukul 14.00.