Hidup baru di Kampung Anamui Bojong, Serpong Tangerang

Clean water project - serpong by RC Jakarta Cinere

 “ Setiap malam, setelah jam 10.00 malam, kami bergantian menampung air bersih di mushola. Untuk air minum dan memasak. Seringkali, air bersih ini tidak keluar. Tiap malam kami begadang”, cerita seorang Ibu warga kampung Anamui Bojong di Cisauk. “Kalau untuk mandi dan kebutuhan lainnya kami menggunakan air kali itu” sambung Ibu sambil menunjuk kearah kali yang curam dan surut air nya.

Sebuah kampung dengan jumlah warga kurang lebih 100 KK, bisa kita bayangkan berapa banyak air bersih yang dibutuhkan. Untuk beribadah, makan dan minum, mandi, mencuci pakaian, dan menjaga kebersihan lingkungan mereka. Beberapa tahun sebelumnya mereka mengajukan permintaan kepada pemerintah untuk diberikan instalasi air bersih namun belum ada realisasinya.

Tidak jauh dari lokasi kampung yang kering ini ada sebuah telaga buatan yang terbentuk dari cerukan galian pasir. Medan yang tajam dan curam tidak memungkinkan bagi warga untuk memanfaatkan air  telaga ini. RC Jakarta Cinere berinisiatif memeriksa kandungan air tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa air sangat baik untuk dikonsumsi warga.

Niat berbagi kasih Rotary Club Jakarta Cinere berlanjut dengan merealisasikan sebuah pompa air, membangun instalasi dengan pipa sepanjang kurang lebih 140m menyalurkan air  telaga ke tempat pemukiman warga. Di sebuah bangunan  berukuran kurang lebih 20m2 dan sebuah tangki air inilah  warga dapat mengambil air untuk kebutuhan hari-hari mereka.

Dengan rona bahagia, raut wajah warga penuh senyum, bergembira menyambut kehadiran air bersih ini. Rotary Club Jakarta Cinere telah menyerahkan pompa air dan bangunan dengan 2 bilik kepada warga pada 4 Oktober 2015 lalu Serah terima ini dihadiri Ketua RT setempat  dan Kepala Desa. Seluruh warga Kampung Anamui Bojong berkumpul, bersama-sama mensyukuri nikmat kehidupan baru mereka.

Saat ini Rotary Club Jakarta Cinere sedang membangun pompa air bersih lainnya di desa Bojong Atas, beberapa kilometer dari lokasi kampung Anamui Bojong. Dalam waktu dekat akan segera diserahterimakan kepada warga setempat yang sudah tidak sabar menikmati air bersih seperti kampung tetangga mereka