Rotary Care for Kuningan

Minggu, 21 Agustus 2016 lalu, tim community service Rotary Club Bandung Kota Kembang melaksanakan kegiatan di RSUD 45 Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan pihak RS yaitu Klinik Edelweis. Acara yang dibuka langsung oleh Direktur RSUD 45 Kuningan tersebut berupa workshop pengolahan limbah rumah tangga menjadi kerajinan tangan, yang diikuti oleh ODHA, kader pendamping, serta dokter2 program internship di lingkungan RSUD 45.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain adalah memberikan keterampilan kepada para ODHA yang diharapkan selain dapat mengisi waktu luang, juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, karena sebagian besar dari mereka adalah ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki keahlian khusus. Lebih jauh lagi diharapkan apa yang sudah mereka pelajari dapat dipraktekkan, menghasilkan karya yang memiliki nilai jual sehingga bisa menambah penghasilan keluarga. Selain itu, pemanfaatan limbah rumah tangga yang diajarkan juga akan membantu memberikan solusi bagaimana mengelola sampah rumah tangga seperti koran bekas, kertas bekas, kardus dan karton bekas, hingga gelas dan botol bekas minuman mineral, yang tentunya akan berpengaruh pula terhadap kebersihan di sekitar lingkungan rumah tangga. Sementara peserta workshop mengikuti arahan, anak-anak melaksanakan aktivitas lain berupa lomba menyusun puzzle dan lomba mewarnai. Dengan demikian, pelaksanaan workshop pun dapat berlangsung lancar dan tenang.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai rangkaian peringatan 100 tahun The Rotary Foundation, RCBKK juga menyerahkan sejumlah 100 buku-buku bacaan dan buku aktivitas, yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pengunjung klinik baik dewasa maupun anak-anak. Data pihak klinik menyebutkan jumlah ODHA sebanyak lebih dari 200 orang dari berbagai usia yang sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga, juga kaum transgender serta anak-anak. Buku-buku tersebut akan dimanfaatkan oleh para pengunjung klinik terutama saat menunggu giliran konsultasi, pemeriksaan, maupun pemberian obat.

Secara umum, kiprah yang dilakukan oleh RCBKK ini merupakan bentuk kepedulian kepada ODHA, dan diharapkan dapat pula memberikan rangsangan dan motivasi kepada pihak-pihak lain untuk ikut memberikan perhatian dan kesempatan kepada mereka agar bisa menjadi bagian masyarakat secara wajar.