Olah limbah menjadi produk bernilai jual

Labuan Bajo (Paradiso) – Sekitar 60 orang peserta dari sejumlah perwakilan organisasi wanita di Kabupaten Manggarai Barat yakni PKK Kabupaten Manggarai Barat, Dharma Wanita dari Dinas/Instansi, Persit Kartika Candra, Bhayangkari, Flores Peduli, Wanita Kopdit Mitra Komodo, Green Prundi, Kopi Mane dan Karyawati Setda Kabupaten Manggarai Barat ikuti pelatihan mengolah limbah rumah tangga menjadi barang seni. Kegiatan ini diprakarsai oleh Rotary Club Bandung Area yang diselenggarakan pada Mei 2016 lalu. Paradiso Magazine juga hadir dan mensupport kegiatan ini.

Menurut Trainer, Endang Paminto kegiatan ini diselenggarakan oleh Rotary Club Bandung Area (merupakan Join program RC.Bandung Siliwangi dan RC.Bandung Kota Kembang) bekerjasama Tim Penggerak PKK serta Koperasi Kredit Mitra Komodo Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kesehatan terutama untuk pengembangan kegiatan kewanitaan yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat dan merupakan salahsatu misi Rotary Club dalam 6 area focus.

Untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kesehatan di Kota Labuan bajo Kabupaten Manggarai Barat dilakukan 2 hari yakni 16-17 Mei 2016 dengan kegiatan berupa Penyuluhan kesehatan wanita dan beauty class oleh Dr. Diah Puspitosari SPKK (Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin) dan Training Keterampilan Pengolahan limbah Rumah Tangga dengan Trainer Ibu Endang Paminto.
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 60 orang dari beberapa perwakilan organisasi wanita di kabupaten Manggarai Barat yaitu Anggota PKK Kabupaten Manggarai Barat, Dharma Wanita dari Dinas/Instansi, Persit Kartika Candra, Bhayangkari, Flores Peduli, Wanita Kopdit Mitra Komodo, Green Prundi, Kopi Mane dan Karyawati Setda Kabupaten Manggarai. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Ibu Maria A.M. Daduk, SPd yang didukung sepenuhnya oleh Sariayu Martha Tilaar dan Media Partner Paradiso.

Rotary club adalah organisasi sosial kemasyarakatan dengan layanan internasional, bertanggung jawab dan berkomitmen dalam program pelayanan sosial dengan fokus kegiatan pada 6 area focus. Untuk Indonesia terbagi atas dua wilayah pelayanan yang dikenal dengan nama distrik. Distrik 3410 untuk indonesia bagian barat dan Distrik 3420 untuk indonesia bagian timur. Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya flores merupakan wilayah/distrik layanan 3420 tetapi kegiatan Rotary club tidak dibatasi oleh layanan wilayah administrasi.
Kegiatan prioritas Rotary, atau sering disebut 6 Area focus layanan adalah :
 Peace and conflict prevention/resolution (perdamaian dan penyelesaian konflik)
 Disease prevention and treatment (pencegahan dan penyembuhan penyakit) contoh: polio plus
 Water and sanitation (air dan sanitasi) contoh : penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah
 Maternal and child health (kesehatan ibu dan anak) contoh : penyiapan kesehatan ibu dan anak-anak, kesehatan wanita, gizi ibu hamil dan anak-anak.
 Basic education and literacy (pendidikan dasar) contoh : penyiapan pendidikan dan prasarana dasar pendidikan, perpustakaan dan pendukungnya
 Economic and community development (pengembangan ekonomi dan masyarakat) contoh : kesejahteraan rumahtangga, pelatihan untuk keterampilan ibu-ibu