Rotary Care for The Disable

Kamis, 8 September 2016 lalu, Rotary Club Bandung Kota Kembang (RCBKK) melaksanakan kunjungan ke Yayasan Bhakti Mitra Utama (YBMU) yang terletak di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Yayasan ini merupakan sebuah lembaga pertama di Indonesia yang melakukan pendampingan dan memberikan perhatian untuk mereka yang cacat ganda (multiple handicapped). Resmi berdiri pada tanggal 22 April 1979, YBMU dirintis oleh ibunda dari almh PP Reni Azis Djajadiningrat, dan saat ini menjadi tanggung jawab dari salah seorang puteri beliau yaitu Rtn Ciska Djajadiningrat, keduanya adalah member dari RCBKK.

 

Sebagai sebuah lembaga yang telah cukup lama berjalan, YBMU telah memiliki program-program yang sangat baik untuk mengakomodasi anak-anak cacat ganda, bahkan belakangan menerima pula anak-anak dari kategori disabilitas yang lain seperti disabilitas netra, disabilitas rungu, serta cerebral palsy. YBMU memiliki sebuah bangunan yang cukup luas, terdiri dari ruang asrama untuk mereka yang tidak memiliki keluarga, ruang-ruang kelas, serta pelengkap lain seperti lapangan olah raga. Penghuni asrama ada yang sudah tinggal puluhan tahun di situ karena memang tidak memiliki keluarga yang memperhatikan dan merawat mereka.

 

Tujuan utama kunjungan RCBKK adalah untuk silaturahmi dengan keluarga besar YBMU, serta membahas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada kunjungan selanjutnya. Kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan terutama bagi orang tua siswa dan guru, dan nantinya diharapkan dapat menambah program untuk sekolah maupun yayasan. Selain itu, tim RCBKK juga bercengkerama dengan para penghuni asrama dan siswa siswi sekolah, menyaksikan mereka unjuk kebolehan mulai dari menyanyi, membaca puisi, hingga melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Sungguh bangga, bahagia, dan haru bercampur menjadi satu menyaksikan siswa siswi tersebut, dengan segala kekurangannya namun tetap percaya diri mempertunjukkan kemampuannya. Betapa bangga juga melihat para orang tua yang penuh kasih sayang selalu mendampingi anak-anaknya, serta para guru yang dengan segala kesabaran mendidik dan mengasuh siswa siswi tersebut agar tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan makan siang dan berfoto bersama, meninggalkan kesan yang mendalam bagi tim RCBKK.