Rotary Club Ajak Jalan Sehat Serukan Perdamaian

JAKARTA, 2 Oktober 2016 – Rotary Club Jakarta Metropolitan dan Rotary Club Los Angeles District 5280 menggelar kegiatan Jalan Sehat untuk mengkampanyekan perdamaian dan mencegah konflik. Aktivitas bertema “Peace Walk : Peace Stars from Home” ini diikuti oleh 1000 peserta dari Rotary Club, instansi pemerintah, yayasan, dan perusahaan-perusahaan serta masyarakat luas dengan menempuh jarak 3,16 km.

Acara digelar Minggu 2 Oktober 2016 mengambil start dari Gedung Sarinah Thamrin Jakarta. Dalam acara tersebut hadir Drs. Hartono Laras, M.Si Dirjen pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia dan District Governor Rotary Indonesia D3410, Sadana Mulyono, serta Presiden Rotary Club Jakarta Metropolitan Wichard von Harrach, serta District Governor Rotary Indonesia D3410, Sadana Mulyono.

Wichard von Harrach selaku Presiden Rotary Club Jakarta Metropoolitan mengatakan kegiatan ini selain mengajak masyarakat untuk berperilaku sehat, juga bertujuan menyebarkan pesan perdamaian yang dapat disosialisasikan ke organisasi terkecil di masyarakat, yaitu keluarga. 

Dikatakan konflik mampu membuat banyak masyarakat terganggu dan membuat pemerintah perlu turun langsung meredam situasi. Konflik dalam konteks kehidupan memang selalu memunculkan ancaman situasi yang sangat tidak kondusif. Perdamaian merupakan satu-satunya solusi menuju pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Sebagai Rotary Peace Chair untuk Peace Walk ini, Bpk Matharion juga mengatakan, Wichard von Harrac mengatakan kegiatan Ppeace Wwalk ini berkaitan erat dengan bagaimana mengatasi konflik baik itu skala besar maupun skala kecil dan bagaimana kita bisa memberikan pendidikan dan sosialisasi sejak dini terhadap pentingnya perdamaian. “Karena itu kami mengambil tema peace starts from home itu karena kami menangkap sangat penting peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai perdamaian dan kejujuran,” jelasnya.

Acara Peace Walk ini merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan “Peace Project 2016”  yang diadakan Rotary Club Jakarta Metropolitan yang didukung oleh beberapa instansi lainnya. dan Los Angeles.  Sebelumnya, Rotary Club Jakarta Metropolian juga sudah menggelar kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas bagi perempuan di bidang Mediator Perdamaian (18 - 22 Juli 2016).