Peace and Conflict Mediation Workshop

Jakarta, 23 Juli 2016 – Rotary Club Jakarta Metropolitan dan Rotary District 5280 Los Angeles bersama US Department of Justice ICITAP mengadakan Lokakarya Mediasi Konflik dan Perdamaian (Peace and Conflict Mediation Workshop) di Hotel Arya Duta Tugu Tani Jakarta. Workshop satu hari yang didukung oleh Mediators Beyond Borders ini bertujuan untuk menambah pemahaman perihal metode mediasi konflik dan penyelesaian konflik secara damai.

 

President Rotary Club Jakarta Metropolitan, Wichard von Harrach mengatakan, “Alangkah baiknya jika perjalanan awal workshop kami ini tidak hanya berhenti sampai hari ini, kami berharap setiap individual yang berpartisipasi dalam workshop ini akan dapat membagikan ilmunya di lembaga, yayasan, atau komunitas dimana dia berada. Sehingga pengetahuan berguna mengenai mediasi konflik ini dapat berkembang dan menyebar luas.”

 

Dilema mengenai keamanan dan perdamaian, bukan hanya melulu terjadi di skala nasional atau internasional, tapi juga di kehidupan sehari-hari setiap individual. Komunitas yang berbeda latar belakang sosial, kelompok, budaya, dan agama rentan konflik. Oleh karena itu, konflik apapun skala dan bentuknya, harus dikelola secara benar sebagai pembelajaran dan potensi untuk menuju perubahan yang lebih baik. Melalui proses inilah peserta workshop akan dapat ikut merasakan dan memahami mengapa dan bagaimana suatu konflik bisa terjadi serta menganalisa tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya perpecahan. Partisipan membutuhkan keahlian dan ketrampilan untuk membangun hubungan kerjasama dalam berkomunikasi dan dalam mengekspolorasi solusi kreatif.

 

Dengan partisipan sebanyak 200 ratus orang lebih dari berbagai komunitas masyarakat, yayasan sosial, dan pemerintahan seperti TP PKK Pokja, Pemda DKI, 23 yayasan agama, POLRI, P2TP2A, KPA, Komnas Perempuan, dan lain-lain; serta diikuti oleh partisipan dari berbagai negara Asia Tenggara (Thailand, Philippines, Nepal, Cambodia, Myanmar), dan lainnya Jerman, Turki, dan USA, workshop ini merupakan ajang yang tepat untuk saling asah dan tukar pikiran, berbagi case study, serta memperluas network.

 

Menanggapi topik mediasi konflik dan perdamaian ini, Prabha Sankaranarayan, CEO dan President dari Mediators Beyond Border mengatakan, “Setiap resolusi konflik selalu memiliki unsur budaya, namun demikian, penyelesaian konflik sering melupakan unsur budaya tersebut. Oleh karena itu, pelatihan ini akan dapat membantu untuk setiap individual, masyarakat, komunitas, memahami cara-cara penyelesaian konflik.”

 

Teezar Firmansyah, co-cordinator dari Rotary Jakarta Metropolitan menjelaskan bahwa lokakarya ini adalah bagian dari rangkaian Rotary Vocational Training project yang merupakan salah satu kegiatan perdamaian pertama antar negara di kalangan Rotary International. Langkah selanjutnya adalah untuk mengadakan acara Peace Walk agar pesan perdamaian dapat disosialisaikan ke organisasi terkecil di masyarkat, yaitu keluarga. Acara Peace Walk yang bertema “Peace starts from our home” ini direncanakan untuk diadakan pada tanggal 2 Oktober 2016 untuk sekaligus memperingati Hari Anti Kekerasan terhadap Wanita dan Anak-anak.

 

Rotary Club Jakarta Metropolitan sesuai dengan komitmen dan kepeduliannya terhadap komunitas lokal, selain aktif mengadakan workshop dan pelatihan untuk kepentingan masyarakat, juga banyak menggelar kegiatan sosial di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan, serta pemberian beasiswa, dan pelatihan character building, dan lain-lain.

 

Seperti yang diutarakan oleh Past District Governor D3410 Hidayat, “Kami berharap workshop ini berhasil membekali pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam pemetaan sosial baik dalam penanganan mediasi konflik serta pencapaian perdamaian.”

Seputar Rotary Club Jakarta Metropolitan

Rotary Club Jakarta Metropolitan adalah bagian dari Rotary International Disrict 3410 di Indonesia yang berdiri sejak 1993. Misi dari Rotary adalah untuk memberikan pelayanan ke sesama, membangun integritas, dan memelihara kedamaian dunia melalui silahturahmi dan kerjasama di antara kaum professional dan tokoh masyarakat. Sebagai bagian dari Rotary International yang merupakan organisasi sosial terbesar di dunia, Rotary Club Jakarta Metropolitan memfokuskan kegiatan sosial yang mendukung pendidikan dan kesehatan masyarakat terutama bagi anak-anak dan kaum wanita. 

 

Seputar US DOJ ICITAP

Misi US DOJ/ICITAP Indonesia adalah bekerjasama dengan partner dan pemangku kepentingan Indonesia untuk mengembangkan strategi yang berbasis solusi sistemik dan berkelanjutan guna membangun kapasitas, kompetensi dan profesionalisme untuk melayani masyarakat dengan lebih baik dan memperkuat kerjasama strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia. ICITAP yang berada dibawah Divisi Kriminal Departemen Kehakiman dan sebagian besar didanai oleh Departemen Luar Negeri, memberikan bantuan pengembangan internasional yang mendukung tujuan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri.

 

Seputar Mediators Beyond Borders International

Mediators Beyond Borders International (MBBI) membantu orang-orang yang terkena dampak konflik untuk mencapai perdamaian. MBBI adalah organisasi kemanusiaan non-profit yang didirikan untuk bermitra dengan masyarakat dengan tujuan untuk membangun ketrampilan lokal untuk perdamaian dan memperkenalkan mediasi di seluruh dunia. Tim ahli MBBI, bekerja di bidang dimana topik perdamaian bersimpangan dengan ekonomi, kesehatan, budaya, dan pendidikan, berupaya untuk meningkatkan kapasitas untuk mencegah, mengatasi, dan penyembuhan dari dampak konflik kekerasan.