Rotary Club Serahkan Bantuan ke “PR”

Pikiran Rakyat, 8 Desember 2009

BANDUNG, (PRLM).- Disaster Relief Comittee Rotary Distrik 3400 Indonesia menyerahkan sumbangan sebesar Rp. 201.600.000 melalui Harian Umum (HU) Pikiran Rakyat yang akan disalurkan untuk perbaikan sarana sosial pasca musibah gempa di wilayah Jawa Barat.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Chairmaint Past District Governor (PDG), Mustain Syadzali dan diterima secara simbolis Direktur Utama (Dirut) Harian Umum Pikiran Rakyat, H. Syafik Umar di aula Redaksi "Pikiran Rakyat" Jalan Soekarno Hatta Bandung, Selasa (8/12). Hadir pada kesempatan tersebut pengurus lainnya PDG Sujatmiko, PDG Sukat Samsudi, PDG Tjetje Syamsu, dan District Governor Nominee, H.M Ridlo Eisy.

Turut hadir juga Herman Saputra (sekretaris perusahaan Pikiran Rakyat), H. Asep S Bakrie (Humas Pikiran Rakyat), dan redaktur, Refa Riana.

Pada kesempatan tersebut Dirut "PR", H Syafik Umar mengatakan, pihaknya merasa bangga dan terharu karena tingkat kepedulian masyarakat Jawa Barat sangat besar. Khususnya, rasa solidaritas dalam posisi masyarakat yang kini masih belum menguntungkan sehingga dapat menghimpun dana yang cukup besar.

Sedangkan dana bantuan tersebut, lanjut Syafik, akan diprioritaskan pembangunan yang permanen untuk sarana sosial seperti pembangunan sekolah, sarana ibadah atau tempat umum lainnya.

"Kita secara rutin menghimpunnya melalui dompet "PR" yang berasal dari para pembaca "PR". Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sesama setiap terjadi bencana," kata Syafik.

Masih menurut Syafik, hasil perolehan dari sumbangan saat membuka dompet bencana khusus untuk di Jawa Barat mencapai Rp 2,5 miliar yang berasal dari 2.600 pembaca PR. Adapun, proses penyalurannya telah berjalan untuk sarana pendidikan, sarana ibadah dan pembangunan rumah tahan gempa di berbagai daerah yaitu Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kab. Cianjur, dan Kab. Ciamis. "Uang sumbangan dari pembaca merupakan amanah," kata Syafik.

Sementara Chairmaint PDG Rotary Club Distrik 3400 Indonesia, Mustain Syadzali mengatakan, anggota Rotary Club mayoritas pegiat sosial tentunya adaya peristiwa gempa berinisiatif melakukan hal yang sama seperti lainnya untuk meringankan beban.

"Bentuk bantuan tersebut berasal dari masyarakat yang disampaikan melalui Rotary Club," kata Mustain.

Kegiatan serupa juga dilakukan saat terjadi musibah bencana Tsunami di Aceh dan Sumut dan mendapat sumbangan dari pembaca mencapai Rp. 8,5 Miliar.